News Update :
SENKOM BANGKALAN - MENEMBUS JARAK TANPA BATAS

.

.

SENKOM PASURUAN : SATUKAN RELAWAN, BPBD KABUPATEN PASURUAN ADAKAN LATIHAN BERSAMA

SENKOM Bangkalan | Pasuruan (30/07/2018), Kabupaten Pasuruan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang mempunyai tingkat kerentanan Bencana yang cukup tinggi, mulai dari banjir, tanah longsor, angin puting beliung, kekeringan dan lain sebagainya.
SENKOM PASURUAN : SATUKAN RELAWAN, BPBD KABUPATEN PASURUAN ADAKAN LATIHAN BERSAMA
Guna memperkecil risiko bencana juga sebagai tindakan kesiap-siagaan Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyelenggarakan Latihan Bersama pada tanggal 27 sampai 30 Juli 2018 di Taman Wisata Selorejo Ngantang Kabupaten Malang. Latihan Bersama diikuti oleh dua orang perwakilan masing-masing organisasi, diantaranya dari USSAR, Mapalupas, TRC Dinkes, Satpol PP, Relawan Kopi Ireng, Senkom Mitra Polri, Orari, Banser dan lainnya hingga mencapai kurang lebih 100 orang relawan.
SENKOM PASURUAN :SALAH SATU RELAWAN SENKOM MELAKUKAN VERTICAL RESCUE

 Anang Wijaya, selaku Asisten Pemerintahan Kabupaten Pasuruan dalam sambutannya saat membuka acara Latber mengatakan,“Kegiatan ini dilakasanakan selain untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan juga untuk menyatukan Relawan yang ada di Kabupaten Pasuruan. Pemerintah berharap, para relawan inilah sebagai garda terdepan yang akan hadir petama kali jika terjadi bencana, sehingga Pemerintah merasa terpanggil untuk memfasilitasi relawan dalam meningkatkan kapasitasnya”.

Latihan Bersama selama 3 hari ini diisi dengan materi kelas seperti, Peran Linmas dalam Penanggungan Bencana, Manajemen Bencana, Pengenalan Peralatan SAR. Sedangkan materi lapangan meliputi praktek mengopersikan perahu motor atau mopel, dayung, Vertical Rescue dan Horizontal Rescue. Nur Ali Mahfudin dan Efendi, dua personil utusan Senkom Mitra Polri Kabupaten Pasuruan pada Latber begitu semangat mengikuti setiap materi, dalam rapat evaluasi kegiatan, Efendi selaku perwakilan dari Senkom menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui BPBD yang telah menyelenggarakan Latber ini.

SENKOM PASURUAN :RELAWAN SENKOM PASURUAN (KI-KA) EFENDI DAN NUR ALI M
"Kami berharap Latber ini akan terus diadakan secara periodik dan berjenjang, artinya kegiatan ini berkelanjutan dengan materi-materi yang lain", ujarnya. “Senkom dalam melaksanakan tupoksinya dibagi menjadi 3 klaster, yaitu klaster Keamanan dan Ketertiban Masyarakat telah menjalin kemitraan dengan Polri, klaster Bela Negara telah bekerjasama dengan TNI dan klaster Sosial Kebencanaan yang bermitra dengan BNPB dan Basarnas, oleh karenanya kami yang mewakili 104 anggota Senkom Kabupaten Pasuruan akan segera menyampaikan hasil Latber ini kepada anggota yang lain”, pungkas Efendi, Sekretaris Senkom Kabupaten Pasuruan. (f3n)
Share this Article on :
 

© Copyright SENKOM BANGKALAN 2010| Modified by EGRP | Published by Senkom Bangkalan.